Friday, May 13, 2011

Day 1 : Lost in Athens

hari pertama, negara pertama dan kota pertama yang saya datangi adalah Athena di Yunani. setelah ketidaksengajaan bertemu dengan Putu si gadis Bali dan Managernya yang baik hati mengantarkan saya ke pusat kota. dimana saya akan bertemu dengan Iliana si cewek metropolis Athena yang saya kenal 5 tahun yang lalu di Siena, Italy. Dari alamat yang dia berikan kepada saya apartemennya itu berada di jalan Leof. Vasilissis Sofias, jalanan utama di pusat kota athena. Mr. Manager memarkir mobilnya tepat di sebelah gedung atau bangunan yang dia yakini adalah tempat tinggal Iliana. setelah mengucapkan terima kasih dan salam perpisahan, saya melangkah menuju gedung yang di maksud. tapi terhenti di depan gerbang karena di halaman depan ada bendera dari negara asing. bergumam dalam hati apa benar ini gedungnya? krn gedung ini lebih mirip seperti kantor atau mungkin kedutaan besar. karena sepanjang jalan ini memang banyak kedutaan dan kantor-kantor pemerintahan. kalo di jakarta itu seperti sepanjang jalan imam bonjol-p.diponegoro menteng..


bingung gimana bilang ke Iliana kalau saya sudah dekat dengan rumahnya. telepon saya gak berfungsi di Athena (ternyata usut punya usut Mentari itu gak bs dipakai di Athens). berusaha tanya orang-orang gimana dapet sim card ternyata di kios2 di jalan cuma jual kartu telepon untuk di pake di telepon umum bukan kartu telepon untuk di handphone. karena Athens tidak english native country jadi kendala bahasa itu jelas ada. ketika saya bermaksud untuk beli kartu telepon umum tetep ibu2 di kios bilang gak ada. makin bingung kalau memang semua telepon umum yg tersebar di sudut kota cuma bisa pake kartu dan orang2 gak ngerti saya gimana bisa telepon Iliana?

Bingung, gak jelas, nyebrang sana sini gerek2 koper mulai dari tanya polisi2 yang mangkal di belakang gedung parlemen, sambil tunjuk gedung tempat Mr. Manager nurunin saya pertama kali. saya mencoba lagi untuk masuk hingga ke halaman depan. inget kata2 polisi tadi kalau digedung biasanya di pintu gedung akan ada nama para penghuni dan bel yg bs di pencet. bener juga ya, tp begitu sampai di depan pintu dengan deretan tombol bel pintu, huruf yg tertulis di situ ya huruf yunani alias bukan huruf latin. sambil gigit jari yg mana saya bisa tahu itu nama atau tombol untuk ke rumah temen saya???

dengan lunglai (asli lebay) saya kembali menuju ke sebuah taman (Kolonaki Square) krn ini tempat yg ditulis teman saya sebagai patokan untuk mencari rumahnya. duduk di taman sembari berharap temen saya akan keluar melintasi taman ini dan melihat saya. sambil mengelap keringat, terasa haus dahaga ini saya pun menuju kios disekitar taman untuk membeli air kemasan. tak disangka tak dianya ternyata kios yg saya tuju ini ada telepon koinnya!!! saya melinhat seberkas harapan. setelah membeli air kemasan seharga 50 cent dengan kembalian beberpa koin saya pun akhirnya bisa menghubungi teman saya Iliana yg dari jam 12 siang sudah menunggu-nunggu kedatangan saya (liat jam dan sekarang sudah jam 4 sore waktu setempat).

"Halo, iliana, its me Petty, im already near Kolonaki Square but i dont know which one is your appartment!" seru ku ketika telepon tersambung.

"Petty!!! where are you, i have been waiting for you my friend!" pekik iliana setengah histeris :)

"well i will pass the phone to the shop owner maybe he could explain you better in your language where I am now exactly" jawabku.

aku memberikan telepon ku kepada pemuda penjaga warung dan setelah mendengar mereka berbicara yunani, dia berujar "wait here" dan iliana pun berkata :

"i know where are you, just wait me there, i come to pick you up"

aku mengangguk dan tidak sabar menanti iliana untuk menjemputku. tidak lama, dari seberang jalan ku lihat seorang perempuan berlari, dia Iliana si cewek yunani!. dia masih seperti 5 thn yg lalu ketika kami pertama kali jumpa. cantik, tinggi langsing dan berambut pirang. sangat tipikal cewek2 eropa pada umumnya. Dengan tergopoh gopoh dia langsung memeluk ku dan berujar

"im worried my friend! i cant contacted you! I thought something happened with you!" pekiknya

"yeah im lost, sorry for making you worried" balas ku

"i asked my mom to see news on tv maybe your plane have problem or accident!" ujarnya lagi.
"but important you are here now, how are you? lets go to my appartment!" serunya lagi.

dengan sigap dia membawa koperku, Illiana masih seperti yang dulu. sepanjang jalan menuju apartemennya dia menanyakan kabar teman-teman indonesia yang lain, dian, hendra, bayu,dll. dia masih ingat saat-saat kami menghabiskan summer di Siena, Italy. ternyata appartemen iliana berada di gedung yang tadi sudah sempat aku lewati beberapa kali. unit apartemen dia terletak di lantai dasar. dengan jendala yang menghadap ke jalan raya. aku sempat bertanya kepada iliana apakah di gedung ini juga merupakan kantor perwakilan asing dikarenakan adanya bendera dari negara asing. dia menjelaskan ada satu unit yang disewa untuk perwakilan negara tertenu tapi bukan seluruh gedung. (ooooaaalllaaaa)

Apartement Iliana cukup besar, menurutnya apartemen ini milik keluarganya yang sedang kosong. sebelumnya apartemen ini disewakan, tetapi sekarang dibiarkan kosong untuk tempat singgah Iliana dan adiknya ketika mereka sedang berada di pusat kota athena. maklum iliana dan keluarganya tidak tinggal di pusat kota Athena melainkan 2 jam jauhnya dari pusat kota athena.

terdiri dari satu ruang yang berhubung langsung dengan dapur, satu kamar mandi di luar. satu kamar tidur dengan 1 kamar mandi di dalam. memang apartemen itu kosong hanya ada beberapa perabotan seperti satu meja makan dan 2 kursi, beberapa peralatan masak, tempat tidur dan lemari pakaian.

"i clean this place yesterday before you came, i change new bed sheet. i hope you will like it stay here. you have place more than hotel!" ucap iliana

"yes! i will like to stay here and thanks alot all is because of you my dearest friend" balasku.


gedung apartemen iliana tampak luar


dapur yang terhubung dengan ruang tamu

apartemen dengan one bedroom only

big bed for me only :)


hari itu tidak banyak yang bisa aku lakukan karena hari sudah menjelang malam meskipun pukul 6pm tp masih seperti jam 2 sore masih terang. setelah mandi koboi dan ganti baju, Iliana mengajak ku berbelanja di supermarket. dia menyuruh ku memilih apa saja yang aku mau untuk stok 5 hari. dia merasa bersalah karena kulkasnya masih kosong. iliana baik banget aku jadi tambah gak enak. she said

"take whatever you want petty, my fridge is empty so you need to take some for your stock staying in my places. i pay dont worry."

aku pun mengambil susu, telur, ayam, kue, roti, (hahahaha mumpung) setelah belanja kami pun keliling Athen sebentar, iliana menunjukkan ku rumah presiden dan gedung parliamen. benar2 strategis lokasi apartemen iliana, banyak pemandangan indah juga (maksudnya para polisi yg berjaga di sekitar gedung parlemen, they look like goddess, benar-benar negara para dewa dewi :) )

setelah belanja dan menaruh barang belanjaan di apartemen, iliana mengajak ku untuk berkeliling sebentar pusat kota athena, dimulai dari menyusuri jalan dimana terdapat rumah Presiden Yunani (presidential mansion). Jalan ini tepat bersebrangan dengan apartemen Ilianna kebetulan saat itu sedang ada pergantian penjaga di depan kediamananya. pergantian penjaga di yunani sangat lucu belum lagi seragam yang dikenakan para penjaga juga mengundang senyum. selama pergantian mereka diawasi dengan seorang tentara yang berpakaian loreng-loreng layaknya tentara pada umumnya.

jalanan di depan kediaman presiden konon katanya ini adalah "the most beautifull roads in the city" nama jalannya Herodou Attikou Street



 

pergantian penjaga depan rmh PM


gerakan nya sumpah lucu abis... mas2 awas kolornya keliatan :)



















dari kediaman Presiden dengan menyusuri national park tibalah kami di depan gedung parlemen yunani. seberang gedung parlemen yunani terdapat stasiun kereta terbesar tepat di bawah Syntagma Square. uniknya di dalam stasiun ini terdapat museum yang menampilkan barang barang peninggalan bersejarah yunani. sunggu unik.

salah satu koleksi di museum yg ada di dlm statiun kereta syntagma square

gak kaya lg di stasiun kereta

hari ini ditutup dengan take away dinner yang kami di sebuah cafe dekat syntagma square..








2 comments:

  1. Sepatu petugasnya juga lucu ya mbak Patty. Wah seneng deh baca postingan ini :) serasa jalan-jalan ke Yunani. Temennya juga baik banget ya ^^

    Eh ya, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sepatunya kaya sepatu anak bayi ada umbul2nya... iya saya travelling emang niat mau menyambung silaturahim dengan teman2 lama. krn dengan bersilaturahim itu memperpanjang umur dan memperpanjang langkah :)

      traveling is not about the destination but people with who we share it :)

      Delete